Daftar Narasumber

Shita Laksmi

Shita Laksmi atau biasa dipanggil Shita lahir di Palembang, 25 November 1976. Ia merupakan Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2000. Shita kemudian melanjutkan pendidikannya untuk meraih gelar Master of Arts in Journalism di Ateneo de Manila University, Phillipines yang merupakan program fellowship dari Konrad Adenauer Center for Journalism. Ia kemudian meraih gelar tersebut pada tahun 2005. Saat ini Shita bekerja sebagai Program Development Manager di Kantor Hivos Asia Tenggara. Saat ini ia juga menjadi anggota Multistakeholder Advisory Group (MAG) di PBB untuk Internet Governance Forum. Tugas utama Shita di Hivos adalah membangun program yang berinovasi sosial terkait Transparansi dan Akuntabilitas serta Kebebasan Berekspresi. Shita juga memiliki pengalaman hands-on di isu Teknologi dan Transparansi di Asia Tenggara dan Kebijakan Internet. Shita aktif di isu Keterbukaan Data (Open Data) dan juga hal yang terkait dengan Tata Kelola Internet, terutama Kebijakan Internet.

Prasetya Dwicahya

Prasetya Dwicahya adalah penggiat data dan sangat peduli dengan ketersediaan data yang berkualitas di Indonesia. Prasetya mendedikasikan dirinya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang sadar akan pentingnya data dan secara konsisten mendorong penggunaan data dalam pembuatan keputusan. Ketertarikannya akan data membuat Prasetya bergabung pada organisasi Data Science Indonesia (DSI), organisasi yang memiliki fokus untuk mengadvokasi penerapan ilmu di data di Indonesia. Saat ini Prasetya menempati posisi Head of Program di DSI.

Donny BU

Donny B.U. (Mr) adalah co-founder dari ICT Watch pada tahun 2002, Informasi terkemuka di Indonesian Information and Communication Technology (ICT) organisasi masyarakat sipil (CSO) yang meletakkan dasar untuk penggunaan internet yang bertanggung jawab melalui ruang lingkup kampanye nasional. Dia dianugrahi Fellowship Ashoka pada tahun 2012 untuk aktivitas entrepreneur sosial yang fokus pada kebebasan berekspresi secara online dan aktivisme cyber . Ia juga salah satu inisiator dari Jaringan Kebebasan Berekspresi Asia Tenggata (SafeNet), Jaringan CSO Indonesia untuk Tata Kelola Internet (ID-Config) dan Internet Governance Forum Indonesia (ID-IGF), sebuah platform nasional untuk dialog multistakeholder. Dia mengajarkan jurnalisme cyber, media digital, e-bisnis dan pengembangan teknologi komunikasi di beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Dia memulai karirnya sebagai wartawan ICT pada tahun 1999 di Detikcom, media online terbesar di Indonesia, dan akhirnya menjabat sebagai Wakil Presiden (VP) sampai pengunduran dirinya pada tahun 2010. Ia melakukan perjalanan secara luas di Indonesia untuk berbagi ide dan pengalamannya dengan berbagai aktivis kampus, masyarakat sipil dan masyarakat http://donnybu.com/about/

Adhitya Randy

Adhitya adalah data Scientist di Tim Open Data Lab Jakarta, bergabung tahun 2015. Dia memilik keahlian sebagai software engineer dan designing software solutions, diasah oleh pengalaman masa lalunya bekerja untuk berbagai perusahaan IT dimana ia mengembangkan produk-produk terkemuka seperti solusi merchant bisnis, sistem pengadaan manajemen, mesin alur kerja, dan sistem manajemen pengetahuan. Sebelum Lab, ia belajar di Institut Teknologi Bandung, di mana ia meraih gelar di bidang Teknik Informatika. Di luar program, Adhitya juga memanjakan kepentingan kreatif melalui fotografi dan musik. http://webfoundation.org/about/executive-team/adhitya-randy/

Alamsyah Saragih(Pattiro)

PATTIRO adalah sebuah organisasi riset dan advokasi yang resmi berdiri pada 17 April 1999 dan telah bekerja di lebih dari 17 provinsi dan 70 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Selama ini, PATTIRO memusatkan perhatiannya pada isu tata kelola pemerintahan daerah, terutama isu desentralisasi. Melalui kerja-kerjanya, PATTIRO aktif mendorong terciptanya tata kelola pemerintah daerah yang baik, transparan, dan adil demi mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain aktif melakukan penelitian, PATTIRO kerap memberikan pendampingan teknis kepada pemerintah. Di samping itu, PATTIRO juga membantu masyarakat dalam melakukan advokasi dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk mereformasi kebijakan, memperbaiki pelayanan publik dan pengelolaan anggaran publik.

Endiyan Rakhmanda

Endiyan Rakhmanda adalah penggiat open data di Indonesia yang peduli akan Kolaborasi antara berbagai sektor. Endiyan memiliki pengalaman dalam implementasi Open data di beberapa pemerintah Daerah di Indonesia. Pengalaman akan data diawali di Negara tempat menimba Ilmu Jerman sebagai Research Assistant di L3S. Tidak berapa lama kemudian dia kembali di Indonesia dalam project API Pemilu sebagai Mapping Assistant. Perkembangan di Indonesia ini berlanjut sebagai data Scientist di Organisasi Open Data Lab Jakarta kemudian Data Specialist di Bappeda Jakarta sebagai utusan Ford Foundation dalam membangun Jakarta Smart City.

Diah Setiawaty

Diah Setiawaty adalah Program Officer Divisi Open Data Perludem program database pemilu Perludem. API Pemilu bertujuan memberikan informasi yang lebih baik kepada pemilih, meningkatkan akses publik terhadap informasi pemilu, serta meningkatkan partisipasi pemilih melalui penggunaan teknologi. Program API Pemilu terus mendukung upaya Komisi Pemilihan Umum dalam menyediakan akses yang lebih mudah untuk membuka data, terutama data pemilu. Diah Setiawaty juga aktif dalam advokasi terbuka gerakan data di Indonesia, dan salah satu pendiri Open Data Club. Diah telah beberapa kali berbicara di forum-forum internasional diantaranya Open Government Partnership Asia-Pasific Regional Meeting (Bali, 2014), International Conference Civil Society in Development (2014),Asean Election Stakeholder Forum (Timor Leste, 2015) Open Data International Conference , Canada (2015) dan menjadi lead dalam penyelenggaraan International Open Data Research Symposium (Jakarta,2015). Selain itu, Diah juga terlibat dalam program-program pendidikan pemilih di Perludem.

Yuandra Ismiraldi

Yuandra Ismiraldi adalah penggiat data terbuka. Beliau saat ini sebagai researcher dan Founder Nagara.id. Saat ini Yuandar sedang belajar di University of Melbourne. Memiliki background sebagai IT. Pernah bekerja sebagai Open Data Fellow dari OKFN Schoold of Data dimana Yuandra menyebarkan pentingnya open data di Indonesia. Melalui fellowship ini Yuandar telah mengajar di beberapa provinsi mengenai keterbukaan data untuk penyelenggara pemilu.
© 2016 Perludem