Syarat & ketentuan

Persyaratan Penggunaan

Terima kasih telah menggunakan opendatacourse.perludem.org (selanjutnya disebut “situs”). Perludem adalah organisasi non-profit dan non-partisan yang mendukung terwujudnya negara demokrasi dan terselenggarakannya pemilu yang mampu menampung kebebasan rakyat dan menjaga kedaulatan rakyat.. Dengan mengakses situs ini, maka pengguna akan terikat dengan Persyaratan Penggunaan yang dipaparkan di bawah ini:

Definisi

opendatacourse.perludem.org adalah portal resmi kursus Online yang disediakan secara non-berbayar mengenai dasar-dasar Open Data. Open Data atau data terbuka adalah data yang dapat secara bebas digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan kembali secara bebas. Untuk memberikan materi pembelajaran yang bisa diakses bebas oleh publik ditengah kelangkaan ahli dan narasumber di bidang open data, Open Data Course di inisiasi oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokras (Perludem) bekerja sama dengan beberapa lembaga yang concern akan isu Open Data seperti Open Data Lab Jakarta, HIVOS, ICT Watch, Data Science Indonesia dan Pattiro. Diharapkan kursus ini dapat memberikan gambaran dan pemahaman akan dasar-dasar open data dan kaitannya dengan berbagai isu di Indonesia. Penggunaan kata “Badan Publik” merujuk kepada UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Penggunaan kata ‘pengelola situs’ merujuk kepada Lembaga yang bertanggung jawab dalam pengelolaan situs yang pada saat ini adalah Perludem Dalam konteks ini, Data adalah fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan melalui angka, huruf, kata, gambar, atau simbol yang menunjukkan kondisi atau situasi dan “dataset” atau kumpulan data merujuk data yang terepresentasikan dalam bentuk tabular maupun non-tabular yang pada dasarnya dalam situs dapat diunduh, divisualisasikan, ditautkan, atau diproses kembali dengan berbagai metode digital lainnya. Metadata adalah informasi terstruktur yang menjelaskan mengenai kumpulan data yang terkait dengannya.

Persetujuan Penggunaan

Persetujuan penggunaan situs ini merujuk kepada poin-poin berikut, yaitu:

  • Kumpulan data yang disajikan di dalam situs ini bersumber dari data Perludem dan berbagai organisasi lainnya (Pattiro, GovLab, Hivos, ICT Watch, Data Science Indonesia, dan ,berbagai organisasi, private sector, serta badan pemerintah lainnya yang telah diproduksi dan diolah berdasarkan prosedur sesuai kaidah yang berlaku.
  • Tidak ada jaminan, baik secara langsung maupun tidak langsung, bahwa data yang disajikan dalam opendatacourse.perludem.org telah memenuhi standar akurasi, kecukupan, kelengkapan, legal, dan kemanfaatan.
  • Informasi atau data yang terkandung di dalam situs dapat berasal dari sumber-sumber pihak ketiga ataupun pengguna. Segala opini, nasihat, pernyataan, pelayanan, tawaran, atau informasi lainnya yang berasal dari pihak ketiga tidak serta-merta menggambarkan dukungan dan pengakuan dari pengelola situs.
  • Dengan mengakses situs ini pengguna setuju untuk menggunakan opendatacourse.perludem.org hanya untuk tujuan yang sah, dan dengan cara yang tidak melanggar hak-hak atau membatasi atau menghambat penggunaan dan kenikmatan oleh pihak ketiga atau pihak lain. Pengguna dilarang posting atau mengirimkan melalui segala sesuatu yang melanggar hukum, memfitnah, cabul, menyinggung atau skandal, atau materi yang merupakan atau mendorong tindakan yang akan melanggar hukum.
  • Pengelola situs tidak bertanggung jawab terhadap penggunaan konten di dalam situs yang tidak sesuai atau tidak benar. Dalam hal ini pengelola situs tidak bertanggung jawab terhadap dampak buruk yang disebabkan secara langsung dan tidak langsung terhadap kerugian yang ditimbulkan.
  • Dengan mengakses situs ini pengguna setuju untuk menggunakan opendatacourse.perludem.org hanya untuk tujuan yang sah, dan dengan cara yang tidak melanggar hak-hak atau membatasi atau menghambat penggunaan dan kenikmatan oleh pihak ketiga atau pihak lain. Pengguna dilarang posting atau mengirimkan melalui segala sesuatu yang melanggar hukum, memfitnah, cabul, menyinggung atau skandal, atau materi yang merupakan atau mendorong tindakan yang akan melanggar hukum.
  • Pengelola situs juga tidak bertanggung jawab terhadap konten yang berasal dari tautan yang diberikan oleh pihak ketiga yang merujuk keluar dari situs.
  • Pengelola situs tidak bisa menjamin untuk setiap analisis yang dilakukan dengan data yang diambil dari opendatacourse.perludem.org
  • Pengguna menyetujui bahwa pengelola situs tidak bertanggung jawab atas konten yang bersifat merugikan yang mungkin ditimbulkan dari laman yang dirujuk oleh tautan tersebut. Tautan tersebut hanya disajikan sebagai informasi dan merupakan tanggung jawab dari pengguna untuk mengevaluasi kegunaan dari konten yang diberikan oleh laman yang dirujuk oleh tautan tersebut.

Lisensi

Seluruh informasi dan data dalam situs menggunakan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 kecuali untuk kumpulan data yang dinyatakan lisensi lainnya di dalam metadata. Informasi tentang lisensi untuk setiap kumpulan data tertera di dalam metadata terkait.

Cara Pengutipan Materi Pendidikan

Seluruh informasi yang berhubungan dengan pengutipan sudah tertera di dalam bagian metadata. Bagi para pengguna yang hendak menggunakan kumpulan data yang ada di situs, wajib mengutip dengan format sebagai berikut “Institusi yang Mengeluarkan (Waktu Publikasi Kumpulan Data): nama nara sumber, judul materi pendidikan, Tanggal Akses, Tautan ke kumpulan yang ada di situs”. Contoh: Donny BU, Privasi Data dan Konfidentialitas, (2016): opendatacourse.perludem.orga, 2016-10-30, https://opendatacourse.perludem.org
NB:
Untuk lisesnsi yang digunakan sama dengan lisensi data.go.id yaitu CC-BY-SA 4.0 yang membebaskan penggunaan asalkan:

  1. Pengguna data juga membebaskan pemakaian sebagaimana pengaturan yang dibebaskan oleh pengelola situs
  2. Pengguna data harus memberikan atribusi yang tepat kepada penulis / penyedia data dalam hal ini Perludem dan para kontributor dan mempertahankan pernyataan lisensi
  3. Pengguna data harus melepaskan karya turunan di bawah lisensi yang sama atau mirip
Untuk ketrangan lebih lanjut bisa dibaca di link berikut atau di penjelasan di bawah ini.
http://freedomdefined.org/Licenses/CC-BY-SA-4.0
Adapun yang dimaksud dalam ketentuan lisensi CC-BY-SA 4.0 adalah sebagai berikut:

Licenses/CC-BY-SA-4.0
The Creative Commons Attribution–ShareAlike License is one of the permissive the licenses created by the Creative Commons project. A work licensed in this way grants all the four freedoms listed in the definition of free cultural works:
  • The freedom to use and perform the work: The licensee must be allowed to make any use, private or public, of the work. For kinds of works where it is relevant, this freedom should include all derived uses ("related rights") such as performing or interpreting the work. There must be no exception regarding, for example, political or religious considerations.
  • The freedom to study the work and apply the information: The licensee must be allowed to examine the work and to use the knowledge gained from the work in any way. The license may not, for example, restrict "reverse engineering".
  • The freedom to redistribute copies: Copies may be sold, swapped or given away for free, as part of a larger work, a collection, or independently. There must be no limit on the amount of information that can be copied. There must also not be any limit on who can copy the information or on where the information can be copied.
  • The freedom to distribute derivative works: In order to give everyone the ability to improve upon a work, the license must not limit the freedom to distribute a modified version (or, for physical works, a work somehow derived from the original), regardless of the intent and purpose of such modifications. However, some restrictions may be applied to protect these essential freedoms or the attribution of authors.

The license places three key restrictions on those freedoms:
  • No DRM or TPM[edit]
    You must not restrict access to the work using technical measures, or otherwise attempt to impose limitations on the freedoms above.
  • Attribution[edit]
    You must give proper attribution to the author and retain the license notice.
  • Copyleft[edit]
    You must release derivative works under an identical or similar license

© 2016 Perludem